Balai Kolut Siap Penuhi Kebutuhan Benih Udang Lokal

Kolut, JurnalSultra.com – Balai Benih Ikan (BBI) di Desa Pitulua, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, sukses dalam memproduksi benih udang. Setiap tahun BBI mampu menghasilkan delapan juta benih udang yang siap untuk memenuhi kebutuhan petani lokal. Harga jual yang lebih murah dibandingkan produk dari luar daerah membuat BBI dibanjiri pesanan.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Kolaka Utara, Muhsin, kolam penetasan yang tersedia dalam sekali siklus produksi mampu menghasilkan dua juta telur. Dalam setahun, berlangsung empat kali siklus produksi, sehingga total seluruhnya mencapai delapan juta benih.” benihnya kami belli di barru dan kami tetaskan sendiri “Katanya

BBI Kolut menjual setiap benih senilai Rp350. Harga yang relatif murah membuat banyak petani perikanan tidak kebagian karena stok yang habis. Ini dapat membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Muhsin mengatakan bahwa target yang ditetapkan sudah tercapai dan jauh melampaui angka yang diprediksikan.” Untuk PAD tahun 2022 itu kami melampaui target yang ditentukan “ujarnta

Berdasarkan data Dinas Perikanan, lahan budidaya air payau di Kolaka Utara seluas 3.595 Hektare (Ha) dengan produksi 11.789 ton pada tahun 2022. Kecamatan dengan lahan pembudidayaan terluas antara lain Watunohu, Pakue, dan Batu Putih. Ada penyuluh yang siap membantu para petani tambak, dengan setiap orang menangani dua kecamatan.

“Kami memproduksi benih udang sesuai kapasitas kolam penetasan BBI yang tersedia. Semakin luas kolam, semakin banyak benih yang dapat diproduksi,” tutup Muhsin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *