oleh

Banjir di Desa Anawua Rendam 15 Rumah Warga, Ketua LAKI Kolaka Minta BPBD Ambil Langka Sigap

Kondisi Desa Anawua, Kecamatan Toari, Kabupaten Kolaka yang Dilanda Banjir

Kolaka, JurnalSultra.com – Akibat curah hujan yang cukup deras, sungai di Toari perbatasan Kolaka-Bombana meluap sehingga mengakibatkan terjadinya banjir dan merendam 15 rumah warga di Desa Anawua. Senin (29/11/21).

Mardin Fahrun ketua DPC LAKI Kolaka saat di hubungi melalui via WhatsApp mengatakan, luapan air disungai Toari disebabkan curah hujan yang cukup deras.

“Hujan turun mulai siang hingga malam sehingga air sungai toari perbatasan Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Bombana meluap dan merendam 4 dusun di Desa Anawua Kecamatan Toari, Kabupaten Kolaka,” Katanya.

Ia menjelaskan bahwa dari 4 dusun yang terdampak banjir, ada sekitar 15 rumah warga yang terendam yang ketinggian bait diperkirakan sekitar 1 meter. Mulai dari dusun I mata bundu ada 5 rumah, dusun II lahowoi ada 3 rumah,dusun III lingkusipi ada 6 rumah dan dusun IV Pompolaa ada 1 rumah.

“Meluapnya air sungai toari mulai pukul 04:00 subuh hingga pukul 01:15 siang senin 29/11/21 dan itu belum ada tindakan dari pemerintah Kabupaten hingga siang ini,” jelas Mardin.

Pilih Bakal Calon Bupati Kolaka 2024

View Results

Loading ... Loading ...

Olehnya itu, ia berharap kepada Pemerintah Kabupaten Kolaka melalui BPBD dan Dinsos agar sekiranya mengambil langkah sigap untuk melihat kondisi lapangan yang terdampak banjir hingga merendam 3 dusun di Desa Anawua, Kecamatan Toari, Kabupaten Kolaka.

Berikutnama-nama warga yang terdampak banjir di Desa Anawua.

Dusun I mata bundu : Rahman , Mastu , Sapa , Yustina , Boni
Dusun II Lahowui : Bolong , Wahab , Rika
Dusun III lingkusipi : Tulisi , Ahoma , Baya , Yencung , Lias , Karim
Dusun IV Pompolaa : Subri

Reporter : Awal Fajrin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait