oleh

Bawaslu Kolaka Ingatkan KPU Agar Selalu Menjaga DPT Berdasarkan Peraturan Perundangan-Undangan

Kolaka, JurnalSultra.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kolaka mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka untuk tetap selalu menjaga Data Pemili Tetap (DPT) sebagaimana yang diamanahkan oleh peraturan perundangan-undangan yang berlaku . Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Kolaka, Juhardin, Kamis (9/12/21).

Menurutnya peringatan tersebut dilakukan dengan adanya agenda penyerahan DPT yang bakal dilakukan KPU Kolaka kepada Dinas Pembardayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kolaka untuk kepengtingan pemilihan kepala desa.

“Setelah kami menganalisa hal tersebut, disimpulkan bahwa penyerahan DPT untuk kepentingan Pemilihan Kepala Desa tidak diatur dalam peraturan yang ada, baik dalam Peraturan Perundangan-Undangan maupun pada Peraturan KPU,” jelasnya.

Lanjunya bahwa berkaitan DPT. KPU Kolaka harus memperhatikan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum pasal 96 huruf (d), Pasal 100 huruf (e), pasal 104 huruf (e) yang menyebutkan Bawaslu disetiap tingkat, Bawaslu RI, Bawaslu provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota berkewajiban pemuktakhiran dan pemeliharaan pemilihan data secara berkelanjutan yang dilakukan oleh KPU disetiap tingkatan, KPU RI. KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;

Juga berdasarkan Pasal 58 ayat I Pemerintah Nomor 40 tahun 2019 kementerian/lembaga dan badan hukum Indonesia yang memperoleh data penduduk atau data kependudukan dilarang menggunakan data pribadi penduduk atau data kependudukan melebihi batas kewenangannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait