Dinas Lingkungan Hidup Kolaka Support Program Penanaman Magrove PT ANTAM di Pomalaa

Kolaka, JurnalSultra.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) mendukung program penanaman mangrove yang dilaksanakan PT ANTAM Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Kolaka yang dilaksanakan di kecamatan Pomalaa selama ini.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Kolaka, Kadek Suarjana saat mengikuti penanaman mangrove di desa Tambea, kecamatan Pomalaa, Senin (17/10/2022).

Menurutnya, program penanaman mangrove yang telah dilakukan ANTAM selama ini turut memberikan dampak positif terhadap pemulihan ekosistem pantai, utamanya di sekitar pesisir kecamatan Pomalaa sebagai wilayah operasi perusahaan tersebut.

Meski demikian, dia mengingatkan agar semua pihak yang memiliki konsen terhadap program penanaman mangrove, mestinya melakukan penelitian lebih jauh terhadap kondisi pesisir. Hal ini bertujuan agar penentuan jenis mangrove yang ditanam sesuai dengan kondisi habitat serta mangrove juga dapat tumbuh dengan baik.

“Mangrove memiliki kontribusi besar terhadap keseimbangan hidup kita, utamanya di wilayah pesisir. Namun beberapa kali saya ikuti kegiatan penanaman mangrove ini, banyak yang mati. Sehingga perlu kajian untuk mentukan jenis dan metode tanam yang cocok untuk kondisi tanah

Kadek Suarjana juga berharap, perusahaan-perusahaan lain dapat memiliki komitmen yang sama dalam pemulihan ekosistem pesisir, melalui rehabilitasi mangrove seperti yang telah dilaksanakan ANTAM selama ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *