Diskominfo Kolaka Gelar Workshop, Launching dan Bimtek Aplikasi Open Data

Kolaka, JurnalSultra.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kolaka menggelar Workshop data, Launching dan Bimtek Aplikasi Open Data, Rabu (23/11/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri Kadis Kominfo Kolaka Drs. I Nyoman Suastika, Sekdis Kominfo Zainal Abidin, Kabid Data Syukri K. Bangsawan, dan narasumber Suci Safitriani, serta seluruh peserta Workshop Data.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sebagai Walidata tingkat daerah yang bertugas memeriksa kesesuaian data, yang disampaikan oleh produsen data tingkat daerah sesuai dengan prinsip satu data Indonesia.

Kadis Kominfo menjelaskan, Metadata adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan suatu informasi dan menjadikannya mudah ditemukan, digunakan atau dikelola, serta bertujuan untuk memudahkan pengelolaan data dan informasi, menghindari duplikasi data serta memberikan penyajian data yang akurat dan berkualitas.

“Dengan memiliki Metadata proses pengambilan keputusan dan kebijakan dapat dilakukan dengan tepat,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan bimbingan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kab. Kolaka selaku pembina data tingkat daerah .

“Mudah-mudahan workshop ini membawa hasil yang baik dan dapat meningkatkan kapisitas SDM dalam mengembangkan dan menerapkan satu data Indonesia,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *