Ganjar Siapkan Strategi Baru Atasi Stunting dan Kemiskinan

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

Bogor, JurnalSultra.com – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyiapkan strategi baru dalam penanganan kemiskinan dan persoalan stunting. Ganjar akan membuat program micro targeting, dengan menggandeng kepala desa hingga camat di semua daerah di Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikan Ganjar usai menghadiri acara Rakornas Forkopimda 2023 di Sentul, Bogor, Selasa (17/1/2023). Dalam acara yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo itu, seluruh kepala daerah dan jajaran Forkopimda hadir untuk menerima pengarahan.

Ada beberapa hal yang ditekankan Jokowi dalam pertemuan itu. Satu di antaranya adalah persoalan penanganan kemiskinan dan stunting.

“Saya kira Pak Presiden sedang mengibarkan bendera start untuk tahun anggaran 2023, agar semuanya siap,” kata Ganjar.

Termasuk, lanjut dia, bagaimana penanganan kemiskinan dan stunting. Jawa Tengah akan menyambut cepat arahan presiden, dengan membuat program penanganan kemiskinan dan stunting dengan micro targeting.

“Sehingga kita harapkan bisa ketahuan dengan detail, yang miskin siapa, datanya di mana saja, jumlahnya berapa, intervensinya seperti apa. Dan kalau sudah ada, penanganannya mesti dilakukan secara kolaboratif,” ucapnya.

Selama ini,  kata Ganjar, program penanganan kemiskinan dan stunting di wilayahnya sudah berjalan dengan baik. Namun, pascapandemi, ada beberapa daerah yang mengalami kenaikan.

“Tapi kami tetap siaga. Maka insyaallah mulai minggu ini kami akan roadshow di beberapa tempat, dan memberikan penugasan pada kawan-kawan kades untuk mendata dengan detail. Camat saya minta mengoordinasikan, dan masing-masing bupati akan bertanggung jawab di daerah-daerahnya,” tegas gubernur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *