Gelar Aktivasi IKD di Ruang Terbuka Kali Kadia, Pemkot Kendari Libatkan Ribuan Warga

Kendari, JurnalSultra.com – Pemerintah Kota Kendari menggelar pelaksanaan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Ruang Terbuka Publik (RTP) Kali Kadia, Jumat (1/9/2023).

Pelaksanaan Aktivasi IKD ini diikuti ribuan warga kota Kendari. Acara diawali dengan senam jantung sehat dan penyerahan bantuan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kendari.

Direktur Jendral (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan (Dukcapil) Sipil Teguh Setyabudi mengatakan, Aktivasi IKD salahsatu inovasi terbaru dari Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri.

“Dukcapil mendasari semua pelayanan publik jadi semua yang hadir di sini harus ada dokumen Administarsi Penduduk (adminduk)nya karena itu penting sekali,” ujarnya.

Mantan Pj Gubernur Sulawesi Tenggara ini, berharap kepada Pj. Wali Kota Kendari bisa melakukan dengan cepat pelayanan adminduk di Kota Kendari secara gratis dan mudah.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengungkapkan, Pemerintah Kota Kendari berinisiatif dalam pelaksanaan Aktivasi IKD massal ini.

Menurut Pj. Wali Kota Kendari, kegiatan ini didasari dengan banyaknya warga Kota Kendari yang belum melakukan pendataan atau melakukan transformasi kependudukan.

“Oleh karena itu atas izin persetujuan dari Dirjen Pendudukan dan Pencatatan Sipil serta kesempatan beliau untuk hadir di Kota Kendari maka pada hari ini kami laksanakan kegiatan Aktivasi IKD,” ujarnya.

Sampai saat ini dari jumlah penduduk 347.381 jiwa yang ada di Kota Kendari dengan jumlah wajib KTP Kota Kendari 237.811 sampai hari ini baru 3% yang melakukan aktivasi IKD.

Selanjutnya, Kepala Biro Umum Kemendagri ini juga menyerahkan bantuan kepada 700 orang petugas kebersihan di Kota Kendari.

“Alhamdulillah, uang zakat yang dikumpulkan oleh ASN lingkup Pemerintah Kota Kendari melalui Baznas bisa kita gerakan untuk kemasalahatan umat,” tambahnya.

Untuk tahap pertama diberikan kepada 425 petugas kebersihan dan untuk tahap kedua akan dilaksanakan pada akhir september.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Forkopimda Kota Kendari, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Kendari dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil se Sulawesi Tenggara.

Tinggalkan Balasan