Ikuti Job Fair dan Festival Pelatihan Vokasi, 40 Perusahaan di Kolaka Siap Rekrut Tenaga Kerja 

Kolaka, JurnalSultra.com – Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia menghadiri sekaligus membuka kegiatan Job Fair dan Festival Pelatihan Vokasi yang digelar Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara di Stadion Gelora 45 Kolaka, Senin 22 Februari 2024.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Sulawesi Tenggara, Pejabat Bupati Kolaka, Forkompinda Kolaka, Asisten II Kolaka, Asisten III Kolaka, Kepala BLKK Kolaka, 40 Perusahaan BUMN/BUMD dan Perusahaan Swasta di Kabupaten Kolaka, serta ratusan para pencari kerja.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Kolaka, Andi Pangoriseng, M. Si dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dan komitmen pemerintah Kabupaten Kolaka melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dalam upaya menegakkan angkatan pengangguran sekaligus sebagai penerapan sistem rekrutmen tenaga kerja secara transparan kompetitif serta penyediaan informasi secara terpusat melalui kegiatan Job fair ini.

Menurut Andi Pangoriseng, kegiatan ini dapat memberikan ruang secara langsung antara pengguna dan pencari kerja yang di fasilitasi oleh pemerintah Kabupaten Kolaka.

Kegiatan job fair ini, kata Andi Pangoriseng, mengangkat tema “Membangun Kolaka Melalui Pemberdayaan Tenaga Kerja Lokal Dalam Menyediakan Peluang Karir yang Berkelanjutan”.

Ia menjelaskan tujuan dari kegiatan Job Fair ini, untuk memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk menyampaikan formasi dan kualifikasi yang diinginkan para pencari kerja. Serta mempertemukan langsung antara pencari kerja dan perusahaan dalam proses rekrutmen tenaga kerja.

Sasarannya adalah perusahaan yang memerlukan tenaga kerja dalam lembaga pelayanan dan penempatan tenaga kerja serta para pencari kerja, terkhusus para pencari kerja disabilitas.

Kegiatan job fair dan festival pelatihan vokasi ini dihadiri sebanyak 40 perusahaan dan untuk peserta pameran pelatihan vokasi sebanyak 20 dan 20 prosesi.

“Ini adalah binaan atau  Alumni BLKK Kabupaten Kolaka Kolaka,” tutup Andi Pangoriseng.

Sementara itu, PJ Bupati Kolaka, Dr. H. Andi Makkawaru, S.T.,M.Si dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Job Fair ini memberikan kesempatan kepada para pencari kerja untuk bertemu langsung dengan perusahaan yang membutuhkan karyawan, sehingga memudahkan para pencari kerja.

Ia menjelaskan, pelatihan vokasi juga memberikan kesempatan bagi angkatan kerja untuk dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka, sehingga memiliki daya saing. Sehingga membantu mereka mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Pejabat Bupati Kolaka juga menyampaikan dihadapan wakil menteri tenaga kerja, bahwa pencari kerja yang terdata di dinas tenaga kerja kabupaten Kolaka pada tahun 2023, itu sebanyak 8.661 orang. Sedangkan lowongan kerja yang terdaftar di dinas tenaga kerja Kolaka tahun 2023, sebanyak 1108 orang.

“Hal ini merupakan suatu pencapaian yang cukup besar. Olehnya itu saya mengajak kepada seluruh angkatan kerja yang hadir untuk memanfaatkan acara ini sebaik-baiknya. Bagi pencari kerja, ikutilah job fair dengan penuh semangat dan persiapan diri anda dengan baik untuk bertemu dengan para calon pemberi kerja. Serta bagi para peserta pelatihan ikutilah job fair ini dengan tekun dan manfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan anda,” imbuhnya.

PJ Bupati juga berharap agar Dinas tenaga kerja dapat terus menyelenggarakan kegiatan seperti ini secara berkala, bahkan kedepannya dapat dilaksanakan secara digitalisasi.

Ditempat yang sama Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ir. Afriansyah Noor, St., M.Si.,IPU dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan job fair ini dapat terus dilakukan agar seluruh para pencari kerja di Kabupaten Kolaka, betul-betul dapat difasilitasi untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

Setelah memberikan sambutan, Wakil menteri Ketenagakerjaan membuka secara resmi kegiatan job fair dan festival pelatihan vokasi yang ditandai dengan pemukulan gong. 

Tinggalkan Balasan