oleh

Iqbal Pemuda Milenial Sabilambo Rintis Budidaya Tanaman Hidroponik Say Your Green

Kolaka, JurnalSultra.com – Tanaman hidroponik di ere milenial saat ini, sangat tren di tengah-tengah masyarakat. budidaya tanaman hidroponik sedang menjadi pilihan masyarakat Indonesia yang ingin berbisnis di bidang pertanian. Pasalnya, keuntungan yang didapat dari bisnis tersebut, terbilang cukup menggiurkan, khususnya bagi para pengusaha pemula.

Hidroponik berasal dari kata hydro yang berarti air dan ponous berarti kerja. Jika digabungkan hidroponik yaitu sebuah teknologi baru dalam bidang pertanian yang sistem kerjanya dengan menanam tumbuhan menggunakan media air, nutrisi dan oksigen.

Peluang bisnis ini tidak disia-siakan oleh Iqbal salah seorang pemuda milenial, Kelurahan Sabilambo, Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, yang mengembangkan bakatnya dengan kreatif yang dimiliki untuk merintis budidaya tanaman Hidroponik yang diberi nama hidroponik say your green.

Iqbal menuturkan berawal dengan melakukan pengamatan terhadap pola hidup masyarakat yang lebih membutuhkan gaya hidup sehat serta potensi lokasi pertanian yang masih banyak kosong untuk dijadikan peluang bisnis tersebut dengan budidaya tanaman hidroponik.

Diakui jika budidaya tanaman hidroponik miliknya itu sudah dirintis dari tahun 2019 lalu. Dan ia sudah mendapatkan hasil dan keuntungan yang cukup memuaskan dari usaha tersebut. Adapun jenis tanaman sayuran hidroponik yang di budidaya seperti selada, sawi, bayam dan kangkung dan lainnya.

“Budidaya ini saya rintis sejak tahun 2019, tepatnya di bulan Agustus, dan Alhamdulillah, berkat support dari keluarga, saya sudah dapat merasakan hasil dari usaha budidaya ini,” ujar Ikbal dilokasi kebun tanaman hidroponik miliknya, Kamis (16/7/20).

[smartslider3 slider=3]

Lanjutnya, jika tanaman hidroponik miliknya cukup subur dan alami, sehingga sangat cocok di konsumsi bagi masyarakat sekarang ini yang selalu menjaga pola hidup sehat.

“Pola konsumsi pangan masyarakat kolaka sekarang ini telah berangsur-angsur berubah yang dulunya konsumsi pangan untuk kenyang, namun sekarang tujuannya untuk sehat. Kemudian kami juga senantiasa berusaha agar sayuran hidroponik dapat dikonsumsi oleh semua masyarakat umum” tuturnya.

Tambahnya, Selain budidaya tanaman pangan Iqbal juga melakukan kegiatan agroedu-wisata untuk memberikan edukasi kepada anak -anak pelajar dan mahasiswa mengenai cara budidaya tanaman hidroponik yang baik.

Reporter : Andi Hendra

Berita Terkait