Kabupaten Kolaka Merupakan Titik Pemantauan Hilal di Sultra

Kolaka, JurnalSultra.com – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kolaka bersama tim gabungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sultra, melakukan rukyatul hilal Ramadhan 1442 Hijriah, Selasa (11/5/21).

Menurut Humas Kemenag kolaka, Adil.S.kom menjelaskan, terkait pelaksanaan rukyatul hilal dilakukan untuk mengetahui hari raya idul fitri, dimana penentuan hari raya idul Fitri dilakukan melalui sidang isbat oleh Kementerian Agama Pusat.

“Sebelum dilakukan sidang isbat, terlebih dahulu dilakukan rukyatul hilal di seluruh titik- titik di Indonesia. Dan untuk di Sulawesi Tenggara, titiknya hanya ada satu, tempatnya di pantai welulu Kecamatan Watubangga, Kabupaten Kolaka yang digunakan sudah tiga tahun yang sebelumnya dilaksanakan dipantai anawoi.

Lanjut Adil, tim gabungan Kanwil Kemenag Sultra, BMKG dan YAYEN pukul 04:00 sore sudah satay dititik pemantauan hilal,akan tetapi untuk pemantauan akan dilakukan 30 menit sebelum memasukki waktu magrib.

Depag kolaka juga akan bergabung dengan tim dari Kanwil Kemenag sebagai fasilitator titik pantau, apapun hasilnya disana kelihatan atau tidaknya, akan dilaporkan ke Kementrian Agama Pusat, nantinya akan dibahas pada disidang isbak, keputusan ada pada disidang isbak, kapan ditetapkannya pelaksanaan 1 syawal 1442 Hijriyah.

“Terpilih nya titik pemantauan di kolaka karena sangat setrategis,apa lagi pantauan nya tidak terhalangi gunung,walaupun  lebih sering tidak terlihat karena faktor cuaca,tidak sama dengan kabupaten yang lain yang kebanyakan daratan jadi lebih susah untuk pemantauannya. dan setelah dilakukan rukyatul hilal tim gabungan tidak melihat posisi awal bulan dan hasil minus nol derajat,” tutupnya.

Reporter : Awal Fajrin

Tinggalkan Balasan