Kapolri Tinjau Kesiapan Command Center Jelang KTT G20 di Bali

Bali, JurnalSultra.com – Dalam rangka pengamanan pelaksanaan presidensi KTT G20 di Bali, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama pejabat utama mabes Polri meninjau langsung simulasi pengamanan pada operasi Puri Agung 2022 melalui Monitoring yang dikendalikan langsung di Command Center Mapolda Bali.

“Baru saja kami melaksanakan peninjauan langsung terkait dengan simulasi yang dikendalikan langsung di ruang command center.” Kata Sigit usai meninjau Command Center Mapolda Bali. Sabtu (5/11/2022).

Dalam kesempatan itu, Listyo lanjut menjelaskan Command Center Polda Bali tersambung dengan ribuan kamera pengawas yang ada di Bali khususnya di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

“Sebagai contoh pada saat melaksanakan pelatihan dengan menggunakan sarana yang ada di command center dapat mengetahui jalur yang dilewati mulai semenjak titik Kedatangan dari mulai bandara mengarah kepada Akomodasi dan ke venue.” Jelas Sigit.

Lebih lanjut, Sigit menjelaskan apabila ada hambatan maka pihaknya telah menyiapkan sejumlah jalur alternatif, semua dapat terpantau di command center sebagai pusat komando dan kendali operasi.

Command center tersebut juga bisa mengetahui dimana penempatan posisi anggota serta sarana dan prasarana yang sudah ditempatkan.

Selain itu dilengkapi dengan teknologi face recognition sehingga jika ada orang yang dicurigai masuk daftar orang pencarian orang (DPO) kepolisian bisa segera melakukan tindakan.

“tadi saya cek langsung untuk memastikan itu berfungsi atau tidak, tadi kita lihat semuanya bisa berjalan baik dalam simulasi pada saat melaksanakan kegiatan roll akhir pengawalan mulai dari bandara sampai dengan lokasi .” Terang Sigit.

Sigit menambahkan, pihaknya juga melaksanakan sepintas simulasi dengan menggunakan konsep virtual (metaverse) sehingga mendapatkan gambaran nyata, hal ini mempermudah memberikan gambaran terkait simulasi dengan fakta di lapangan.

Dalam peninjauan pelaksanaan simulasi lapangan yang di Monitor dari Command Center Polda Bali di Hadiri oleh Ka Ops, Waka Ops 2, Karendal Ops, Kasatgas Pam Wil Bali, Kasatgas Anti Teror, Kasatgas Humas, Kasatgas Kontinjensi, Kasatgas Banops.

Peninjauan pengamanan kedepan akan terus dilakukan untuk memastikan pengamanan seluruh rangkaian kegiatan internasional yang akan digelar di Provinsi Bali, seperti KTT G20, dapat berjalan dengan baik dan optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *