Kota Kendari Raih Piala Adipura Dari Kementerian LHK

Kendari, JurnalSultra.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, menyerahkan Piala Adipura kepada perwakilan masyarakat yakni Anggota DPRD Kota Kendari Abdul Razak di Lapangan Upacara Balai Kota Kendari, Rabu (1/03/2023). Usai menerima Piala Adipura oleh Menteri Lingkungan dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya pada 28 Februari 2023 lalu.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan, penerimaan Piala Adipura merupakan pengakuan pemerintah pusat kepada Kota Kendari khususnya kepada masyarakatnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa, penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat melalui upaya pengelolaan dan penataan lingkungan perkotaan yang baik, bersih dan teduh, termasuk pengelolaan sampah berdasarkan hasil evaluasi maupun verifikasi kinerja pemerintah daerah dan berbagai elemen.

“Ini adalah penghargaan yang kesebelas kali, setelah beberapa saat terhenti baik karena memang penilaian tidak ada atau tidak masuk nominasi. Maka kembali pada tahun 2022 Pemerintah Kota Kendari diberi pengakuan penghargaan bahwa dari 514 kabupaten kota di Indonesia, Kota Kendari masuk dalam 80 penerima piala Adipura,” katanya.

Tak lupa, Pj Wali Kota Kendari yang juga didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, OPD Lingkup Pemkot Kendari, Forkopimda, khususnya para petugas kebersihan (pasukan kuning) yang telah mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Selanjutnya Kepala Biro Umum Kementerian Dalam negeri (Kemendagri) ini juga mengatakan, usai menerima Piala Adipura, Kota Kendari bersama Tim Penataan Kota yang dipimpin oleh Asisten I Setda Kota Kendari Amir Hasan, melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) telah menyiapkan sekira 2000 bibit pohon yang bakal ditanam pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang bakal berpusat di Kota Kendari.

Selain itu, untuk mendukung pengelolaan sampah di Kota Kendari, Pemkot Kendari bakal menyediakan tempat sampah untuk masing-masih rumah tangga.

“Ini juga butuh dukungan, terutama teman teman lurah, camat bagaimanapun juga disosialisasikan di tingkat masyarakat,” harapnya.

Sebelumnya, saat tiba di bandara Halu Oleo, Pj Wali Kota Kendari didampingi Pj Ketua TP PKK menyerahkan piala Adipura kepada Sekretaris Daerah Kota Kendari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *