oleh

Mahasiswa FTI USN Kolaka, Sukses Luncurkan Aplikasi Self Tes Covid-19 Berbasis Web

Kolaka, JurnalSultra.com – Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Sembilanbelas November Kolaka Sukses meluncurkan Aplikasi Self Test Covid-19 berbasis Web.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Sembilan belas November Kolaka, Sahar menjelaskan peluncuran aplikasi Self Test Covid-19 berbasiswa Web sudah dapat di akses oleh masyarakat umum.

“Alhamdulillah dengan segala keterbatasan, kami mensyukuri kegiatan webinar ini, dapat terlaksana dengan baik. Selanjutnya kami sampaikan kepada seluruh masyarakat indonesia, khususnya di Kabupaten Kolaka, jika aplikasi Self Test Covid-19 sudah dapat di akses,” ujar Sahar saat ditemui di gedung Laboratorium Fakultas Teknologi Informasi, Selasa, (07/04/20).

Lanjutnya aplikasi Self Test Covid-19, akan menampilkan hasil Self Test sesuai kategori, gejala yang bersangkutan berada pada, PDP, ODP, atau Suspek. Sementara Gejala Normal atau Sehat, sistem akan menampilkan informasi grafik persentasi gejala secara keseluruhan.

“Sistem merupakan Model Decission Support System (DSS) yang dibuat dalam sistem aplikasi dengan nama Self Test Covid 19, Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh bapak Qammaddin, S.Kom.,M.Kom.,CITSM, Dekan Fakultas Teknologi Informasi USN Kolaka saat peresmian,” jelas Sahar

Sistem aplikasi Self Test Covid-19 ini bekerja berdasarkan informasi data dari masyarakat Indonesia setiap individu, secara keseluruhan dan khususnya masyarakat Kabupaten Kolaka,

“Kegiatan webinar ini pertama kali di selenggarakan di Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra), olenya itu, kami berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka agar dapat mendukung dan memperhatikan kegiatan ini, terutama hal-hal yang menjadi kendala, khususnya pengembangan akses jaringan di Kolaka,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FTI USN Kolaka, Uun  Al- Khayri menuturkan, dengan adanya sistem aplikasi Self Test Covid 19, dapat membantu mengetahui kondisi kesehatan masyarakat di tengah mewabahnya Virus Corona di tanah air.

Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa FTI USN Kolaka, Rifki Aryananda menambahkan, jika mahasiswa FTI USN Kolaka, sangat bersyukur dengan keberhasilan dalam peluncuran sistem aplikasi Self Test Covid 19, meski dilakukan dengan segala keterbatasan, namun hal tersebut tidak mengurangi semangat untuk dapat memberikan kontribusi kepada Pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus corona.

“Kami bersyukur dapat menuntaskan tanggungjawab ini, meski dengan segala keterbatasan, akan tetapi tujuan utama kami, sistem yang di luncurkan ini dapat membantu Satgas Penanggulangan Penyebaran Covid-19, khususnya di Kabupaten Kolaka,” tuturnya.

Sekretaris Dewan Perwakilan Mahasiswa FTI USN Kolaka, Muh. Aprizaldi juga berharap dengan adanya sistem aplikasi Self Test Covid 19, dapat membantu Satgas Covid-19 dalam mengidentifikasi setiap yang masuk dalam kategori, OPD, PDP ataupun Suspek.

Reporter : Andi Hendra

Berita Terkait