MTsN 1 Baubau Gelar Masa Ta’aruf Siswa Madrasah

Baubau, JurnalSultra.com – Setiap tahun ajaran baru, proses pembelajaran di lingkungan Madrasah pada semua jenjang, mulai dari tingkat Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs),  sampai dengan Madrasah Aliyah (MA) selalu diawali dengan masa orientasi atau pengenalan mengenai lingkungan Madrasah kepada peserta didik baru. Kegiatan ini biasanya dikenal dengan istilah “Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA)”.

Melalui kegiatan inilah, para peserta didik baru akan dikenalkan mengenai sistem pembelajaran, ciri khas, karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah. 
Untuk   itulah,   seluruh   rangkaian   kegiatan   MATSAMA   harus   lebih bersifat edukatif, mampu menumbuhkan kreatifitas dan inovasi kepada para  peserta  didik.  Sehingga  dalam  pelaksanaannya,  seluruh  kegiatan Matsama harus mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada   para   peserta   didik   baru.   Sebagaimana   tercantum   dalam pedoman  penyelenggaran pendidikan  Nasional  dan  Peraturan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan sekolah Bagi Siswa baru.

Selain itu,  kegiatan  MATSAMA  ini  tidak  lepas dari  motto Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, Dirjend Pendidikan Islam, Kementerian   Agama   Republik   Indonesia, yaitu mencetak generasi “Hebat dan Bermartabat”; generasi yang tidak hanya cerdas secara akal, tetapi juga matang secara spiritual dan berkarakter ke-Indonesia-an.

Mursali selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah negeri 1 Baubau di halaman mini membuka langsung secara resmi kegiatan Masa Ta’aruf siswa Madrasah pada Rabu,(13/07).

[poll id=”3″]

Dengan jumlah peserta sebanyak 250 siswa yang di bagi kedalam tujuh rombongan belajar yang sudah di nyatakan lulus seleksi pada penerimaan peserta Didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2022/2023.

Kegiatan masa Ta’aruf siswa Madrasah Tsanawiyah negeri 1 Baubau berlangsung selama tiga hari yang di mulai pada hari Rabu,kamis dan Jum’at (13.14 dan 15 ) dengan materi yang telah di tentukan berdasarkan juknis yang ada.

Beberapa materi yang akan disampaikan kepada para peserta didik baru (secara lebih detil sebagaimana terlampir) dalam kegiatan MATSAMA yaitu:
1. Kemadrasahan (sejarah, tata tertib, struktur, tenaga pendidik dan kependidikan)
2. Kemadrasahan ( kegiatan belajar mengajar)
3. Kemadrasahan ( kegiatan organisasi kesiswaan)
4. Kemadrasahan ( prestasi dan akademik)
5. Karakter moderasi beragama dan kebangsaan (kesetaraan)
6. Karakter moderasi beragama ( anti diskriminasi)
7. Budaya digital ( peran dan fungsi media digital)
8. Budaya digital ( etika bermedia digital)

Dan tak kala pentingnya yaitu pembiasaan pembinaan karakter dan spritual di Madrasah Tsanawiyah negeri 1 Baubau yaitu Tadarus Al-Qur’an, shalat Dhuha, yasinan dan shalat Zuhur berjamaah. 

Kepala MTsN 1 Baubau, Mursali yang membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa,pelaksanaan Matsama bagi peserta didik baru sangatlah penting karena harus mengenal terlebih dahulu madrasah sebelum memulai proses pembelajaran, begitu pula siswa baru harus diberikan materi dasar sesuai juknis yang ada pada kegiatan Matsama.

Selama kegiatan berlangsung, hal yang paling utama yang disampaikan pada siswa adalah memberikan sebuah pembekalan agar siswa bisa beradaptasi dengan budaya yang ada di Madrasah Tsanawiyah negeri 1 Baubau karena budaya tersebutlah yang mencerminkan karakter dari MTs N 1 Baubau. 

Para siswa baru perlu diperkenalkan hal seperti ini agar mereka mengetahui bahwa madrasahnya adalah Madrasah yang the best of the best juga semoga menjadi siswa Madrasah yang lebih mengedepankan Akhlakul Karimah agar menjadi insan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tinggalkan Balasan