Pemkot Kendari Mulai Luncurkan Rangkaian Peringatan HUT RI

Kendari, JurnalSultra.com – Wali Kota Kendari meluncurkan rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 kemerdekaan RI tahun 2023, di Kota Kendari. Acara ini diselenggarakan di Ruang Terbuka Publik Kali Kadia, Jumat (4/8/2023).

Peluncuran rangkaian kegiatan ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Pj Wali Kota Kendari dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih di kali Kadia.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bendera merah putih pada perwakilan camat lurah dan kepala sekolah untuk selanjutnya diserahkan pada masyarakat.

Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menjelaskan, sengaja mengambil tempat peluncuran kegiatan semarak kemerdekaan di Kali Kadia, untuk memperkenalkan kali Kadia sebagai ruang terbuka publik yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Kita ingin menghadirkan tempat yang bisa digunakan secara bersama-sama, baik untuk rekreasi mandiri, olahraga mandiri dan kegiatan positif lainnya, sehingga mudah-mudahan walaupun saat ini masih dalam proses penataan tetapi kita sudah bisa menikmati, satu icon baru satu kawasan yang benar-benar bisa menjadi milik masyarakat bukan hanya milik sekelompok orang,” katanya.

Dengan pemanfaatan kali Kadia ini, Pj Wali Kota berharap pekerjaan penataan kawasan ini bisa segera dilakukan.

Terkait penyerahan bendera Pj Wali Kota mengimbau kepada masyarakat untuk untuk mengibarkan bendera sejak tanggal 1-31 Agustus untuk meningkatkan nasionalisme.

Pada kesempatan itu, Kepala Biro Umum Kemendagri ini, meminta masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan Kota Kendari apalagi dalam waktu dekat akan ada penilaian Adipura.

Sementara itu, Asisten III Pemerintah Kota Kendari Makmur selaku ketua panitia menjelaskan, pemerintah Kota Kendari sudah menyusun rangkaian semarak kemerdekaan RI dengan sejumlah kegiatan mulai dari tanggal 3-20 Agustus. Kegiatan akan dimulai dengan eksebisi lomba perahu tok-tok, zikir akbar, pertunjukan musik bambu dan ditutup dengan kemah eksekutif.

“12 Agustus kegiatan wisata pungut sampah di Teluk Kendari melibatkan sekitar lima ribu orang, tanggal 13 Agustus jalan sehat merdeka peserta sekitar 12 ribu orang,” jelasnya.

Peluncuran semarak kemerdekaan RI ditutup dengan pertunjukan musik bambu yang dimainkan sebanyak 780 pelajar se Kota Kendari.

Tinggalkan Balasan