Percepatan Swasembada Pangan, Babinsa Aktif Dampingi Warga

Kolaka, JurnalSultra.com – Sertu Supriadi Babinsa Koramil 1412-07/Watubangga Desa  Melaksanakan Kegiatan pendampingan perawatan pada Tanaman Pajale (Padi ) bersama masyrakat A.n Bpk Sakri seluas 2 Ha di desa Oneha Kec.Tanggetada  Kab.Kolaka,Jumat 16/10/20.

Disela-sela kegiatan Babinsa Desa Oneha Serda supriadi mengatakan, pendampingan perawatan tanaman Padi, di lahan seluas 2 hektar milik , Bapak sakri Poktan Tanggetada.

Pada perawatan tanaman Padi tersebut, lanjut Babinsa, dilakukan penyiangan gulma dan rumput liar pengamatan hama, penyakit dan organisme pengganggu tanaman (OPT) lainnya, Sementara pemilik lahan menuturkan, tanaman Padi berada saat ini sudah berumur 60 hari dan terbebas dari hama dan penyakit. 

“Hal ini karena selama masa pertumbuhan rutin melakukan penyiangan gulma, memupuk tanaman secara berimbang dan penyemprotan menggunakan herbisida dan fungisida yang sudah dikonsultasikan dengan PPL,” ungkapnya.

Bapak Sukri juga sangat kasih atas kerjasama Babinsa yang selalu mendampinginya mulai dari pemilihan benih, masa pengolahan tanah, saat tanam dan hingga masa perawatan saat ini.

Pada kesempatan berbeda, Danramil 07/Watubangga Kapten Inf. Mustafa mengatakan, kegiatan pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan bagian dari upaya khusus (Upsus) demi percepatan perubahan swasembada pangan.

“Dengan terjunnya para Babinsa mampu memotivasi petani untuk meningkatkan produktifitas panen guna percepatan swasembada pangan, yang dengan sendirinya akan berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan petani,” tegasnya.

Sumber : Kodim 1412/Kolaka (Serda Jumardin)
Reporter : Andi Hendra