Perusahaan Tak Bayar THR, Adukan ke LBH HAMI Kolaka

Kolaka, JurnalSultra.com – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) Cabang Kabupaten Kolaka telah membuka layanan Posko THR guna melindungi hak para pekerja untuk mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) pada Lebaran 2022.

Menurut Ketua HAMI Cabang Kolaka, Andri menuturkan bahwa hal tersebut sebagaimana yang telah disampaikan oleh pemerintah mengenai pembayaran THR Lebaran 2022 harus dibayar penuh oleh perusahaan.

Hal tersebut diatur dalam Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/1/HK.04/IV/2022 tentang Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan Tahun 2022.

Dalam surat edaran tersebut, kata Andri ditegaskan bahwa perusahaan wajib membayarkan THR sesuai dengan aturan yang ada. Apabila karyawan mendapati perusahaanya tidak membayarkan hak THR sebagaimana yang telah diatur dalam SE Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan Tahun 2022, maka Anda bisa melaporkan aduan secara langsung melalui posko THR baik online maupun offline dengan langsung datang ke kantor LBH HAMI Cabang Kolaka.

“Orang yang Berhak Mendapatkan THR Keagamaan Berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan Nomor 36 Tahun 21 dan Permenaker Nomor 6 Tahun 2016, dituliskan bahwa yang berhak mendapatkan Tunjangan Hari Raya antara lain: Pekerja atau buruh berdasarkan PKWT atau PKWTT yang memiliki masa kerja 1 bulan secara terus menerus atau lebih, Pekerja/buruh berdasarkan PKWTT yang diPHK oleh pengusaha terhitung sejak H-30 hari sebelum hari raya keagamaan dan Pekerja/buruh yang dipindahkan ke perusahaan lain dengan masa kerja berlanjut, apabila dari perusahaan lama belum mendapatkan THR,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *