Presiden Joko Widodo Bakal Meresmikan Jembatan Teluk Kendari dan Pabrik Gula di Bombana

“Jembatan Teluk Kendari”

Kendari, JurnalSultra.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Tenggara pada Kamis 22 Oktober 2020, esok. Sekretariat Negara menyebutkan kemungkinan kunjungan Presiden Joko Widodo itu akan sekaligus meresmikan Jembatan Teluk Kendari (JTK) di Kota Kendari, dan Pabrik Gula milik PT Prima Alam Gemilang (PAG) di Kabupaten Bombana.

Kendati kemungkinan kunjungan ini dilakukan dalam masa pandemi Covid-19, Presiden Joko Widodo menganggap ini sesuatu yang penting dilakukan terkait dua hal —infrastruktur nasional dan investasi swasta nasional— yang akan meningkatkan perekonomian daerah. Pabrik Gula PAG Bombana adalah pabrik gula kedua yang pernah berdiri di Sulawesi Tenggara (Sultra), namun pertama terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara. Kehadiran PAG Bombana akan mempu mengontrol dan menstabilkan harga gula secara regional.

Terkait pandemi Covid-19, Keprotokoleran Istana Negara telah melakukan berbagai langkah antisipasi ekstra dan pengamanan berlapis untuk menjamin keamanan Kepala Negara. Seluruh personel yang kemungkinan akan terlibat menyukseskan peresmian dua infrastruktur nasional tersebut telah menjalani pemeriksaan fisik dan psikis pada Rabu 21 Oktober 2020. Uji Swab dilakukan secara saksama.

Walau kepastian kunjungan belum dapat dikabarkan kepada publik, namun Gubernur H. Ali Mazi, SH., telah melakukan antisipasi resiko penularan, dengan mempersiapkan protokol pengamanan kesehatan dan pengamanan lokasi yang sangat ketat dengan dukungan peralatan dan personil.

Protapnya juga sangat ketat, seperti; Presiden Joko Widodo tidak mengambil waktu terlalu lama dalam kunjungannya kali ini; Publik tidak diperkenankan mendekati dua lokasi peresmian, sehingga tidak terjadi pengumpulan massa; Tidak ada pidato resmi berdurasi panjang, tidak ada sambutan adat, tidak ada pembacaan doa, dan tidak ada publikasi mengenai rute, durasi, moda, dan check-point, termasuk menunda untuk sementara kebisaan Presiden Joko Widodo yang kerap membagikan cinderamata kepada masyarakat yang beliau temui di sekitaran check-point perjalanan.

Jika presiden nanti dipastikan melakukan dua kegiatan dimaksud, maka publik Kota Kendari dan Bombana, serta Sultra secara umum, dapat mengikuti kegiatan presiden melalui saluran televisi nasional atau akun YouTube resmi Setneg RI.