oleh

PT ANTAM Peduli Tanggap Darurat Erupsi Gunung Semeru di Lumajang

Lumajang, JurnalSultra.com – PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM), anggota MIND ID – BUMN Holding Industri Pertambangan, bersama Emergency Response Group (ERG) gabungan di bawah koordinasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berpartisipasi dalam percepatan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat terdampak kejadian bencana alam erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Corporate Secretary ANTAM, Bapak Yulan Kustiyan mengatakan bahwa Perusahaan turut mendukung upaya cepat Pemerintah dalam tanggap darurat bencana alam erupsi gunung Semeru.

“Beberapa kegiatan yang telah dilakukan diantaranya koordinasi, pendirian Posko, pencarian korban dan evakuasi, serta evaluasi bersama pihak-pihak terkait dengan instansi setempat. Kami juga akan memberikan bantuan logistik dalam bentuk bahan makanan pokok, selimut dan makanan balita/bayi,” kata Yulan.Rabu (8/12/21).

Yulan berharap dengan adanya dukungan ANTAM dalam upaya ini dapat meringankan beban para warga Lumajang yang tertimpa musibah ini.

“Semoga kondisi para korban di lokasi terdampak segera membaik. Kami bersama dengan tim ESDM Siaga Bencana dan BUMN Peduli akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu proses penanganan bencana ini,” imbuhnya.

Tim ERG ANTAM yang tergabung dalam ESDM Siaga Bencana dan BUMN Peduli tiba di lokasi terdampak sejak Senin, 6 Desember 2021 lalu dengan mengirimkan 10 (sepuluh) orang yang beranggotakan dari beberapa perusahaan yang terbagi sebagai rescuer, tenaga medis dan evakuasi.

Koordinator lapangan yang bertugas yaitu Koordinator Umum: Sdr. Asril (ANTAM); Koordinator Logistik: Inspektur Tambang (KESDM); Koordinator Penyelamatan 1: Sdr. Sugeng H (PT Bank Syariah Indonesia); Koordinator Penyelamatan 2: Sdr. Syahroni (PT Perusahaan Pengelola Asset); dan Koordinator Kesehatan: Sdr. Nasir (PT Paiton Energy).

Sebelum bergerak menuju lokasi terdampak di Dusun Curah Koboan dan Dusun Kajar Kuning, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, tim juga berkoordinasi dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, TNI dan POLRI.

Dalam tahap awal ini, tim telah mendirikan Posko ESDM Siaga Bencana serta terus melaksanakan pencarian warga dan evakuasi warga ke Posko pengungsian.

Hari ini, tim gabungan juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan terhadap para pengungsi di Kantor Kepala Desa Tumpeng, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

“ANTAM bersama dengan tim gabungan akan bersinergi dengan pihak-pihak terkait guna mempercepat penanganan tanggap darurat Semeru di Lumajang ini,” tutup Yulan.

Red/AH

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait