Sijago Merah Lalap Satu Unit Rumah di Kelurahan Watuliandu

Kolaka, JurnalSultra.com – Satu unit rumah ludes di lalap sijago merah pada pukul 11:45 siang, yang diduga akibat tabung gas di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Watuliandu, Kecamatan Kolaka,Kabupaten Kolaka, Selasa (06/09/2022).

Saat Kebakaran terjadi sempat membuat panik warga sekitar, karena lokasi kebakaran tersebut dipadati rumah penduduk yang berdempetan.

Salah seorang warga sebut saja KR (50) ibu rumah tangga, yang tinggal dekat lokasi kebakaran mengatakan, jika ia sangat melihat jelas peristiwa kebakaran tersebut.

“Saya lihat jelas kebakaran rumah ibu masse karena rumah saya didepan, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dan tidak ada angin kencang. Yang ditakutkan angin kencang, karena api bisa saja merembet ke rumah warga lainnya, dimana posisi rumah sangat berdempetan. Mengenai penyebab kebakaran tersebut, saya tidak mengetahui karena api sudah terlihat besar dan kejadiannya itu sekitar jam 11 siang,” katanya.

Lanjutnya, bahwa tak lama kebakaran terjadi pemadam kebakaran datang, namun karena sebagian besar bahan dasar rumah tersebut adalah kayu, menyebabkan api sangat cepat menjalar seluruh ruangan dalam rumah itu.

Sementara itu, Kasi Pemadam Kebakaran Pemkab Kolaka, Harlis Sea menjelaskan, jika setelah mendapat informasi dari warga melalui sambungan telepon, pihaknya langsung menggerakkan anggota dan menerjunkan 4 unit armada pemadam ke lokasi kebakaran.

“Setelah kami terima telepon, kami langsung bergerak menuju ke lokasi kebakaran, namun karena letak rumah yang berada di lorong yang tak dapat dilalui mobil pemadam, sehingga anggota sedikit mendapat hambatan dalam melakukan pemadaman, namun dengan usaha maksimal api berhasil dijinakan sehingga tak merembek kerumah-rumah warga lainnya,” jelasnya dilokasi kebakaran.

Harlim menyampaikan, dugaan sementara kebakaran tersebut disebabkan adanya ledakan tabung gas 3 kg. Dimana ditemukan adanya 4 Tabung gas disekitar dapur. Dan kerugian yang dialami korban( pemilik rumah), itu diperkirakan puluhan juta rupiah.

Disisi lain, Bazarnas Kolaka dan Camat Kolaka, Muh.Ridha Tahir didampingi Sekcam Kolaka Berry Harland Rais, memberikan bantuan berupa uang tunai, sembako dan kebutuhan pokok lainnya kepada korban kebakaran.

“Ini bantuan langsung dari bazarnas, dan nantinya akan ada bantuan lain yang disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Kolaka,” tutup Rhida.

Penulis: Awal Fajrin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *