Upaya Meningkatkan PAD, Pemkot Baubau Gelar Rapat Optimalisasi

Baubau, JurnalSultra.com – Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya disektor dari pajak restoran, salah satu upaya yang dilakukan Pemkot Baubau dengan menggelar rapat optimalisasi PAD dengan melibatkan OPD terkait di aula Palagimata Rabu (10/7/2024).

Rapat tersebut dipimpin Asisten III Setda Kota Baubau La Ode Darussalam, mewakili Pj Wali Kota Baubau. Menurutnya kolaborasi OPD pada pengelolaan Pajak Daerah yaitu Bapenda, Dinas PTSP, Dinas Pariwisata Inspektorat dam Dinas Kesehatan memiliki peran dan tupoksi masing-masing secara khusus dalam kontroling, misalnya Bidang PTSP bagaimana mendata secara spesifik terkait izin usaha namun secara umum bersama-sama mengelola dan mengevaluasi Restoran atau Rumah makan yang memiliki kewajiban pajak pada pemerintah daerah.

Sama halnya pada Dinas pariwisata dan Inspektorat. keberhasilan berbagai program Pembangunan serta pelayanan publik di Kota Baubau sangat ditentukan oleh penerimaan sektor pajak sebagai salah satu sumber pembiayaannya. Untuk itu Pajak Daerah memegang peranan sangat penting dalam struktur penerimaan Pendapatan Daerah.

La Ode Darussalam menyampaikan, capaian realisasi PAD Kota Baubau yang bersumber dari Pajak Restoran sampai dengan bulan Juni 2024 baru mencapai Rp. 2.105.607.999,-atau 28,29% dari target Rp. 7.443.632.625, – Ini artinya realisasi belum optimal jika dibandingkan dengan tahun 2023 di bulan yang sama yaitu sebesar Rp. 2.450.613.005.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi sistim penarikan pajak yang dilakukan selama ini, yang menurut kenyataan pada hasil Laporan Evaluasi PAD masih terdapat beberapa Restoran atau Rumah makan yang menyetorkan pajaknya belum sesuai dengan laporan omset yang sebenarnya. Ini menjadi perhatian yang serius agar tidak terjadi lagi,” tuturnya.

La Ode Darussalam berharap kejujuran, kerja sama yang baik dan kolaborasi antara pemerintah dan seluruh masyarakat utamanya kesadaran dari pelaku usaha /wajib pajak sangat diharapkan sehingga apa yang dicita- citakan bersama yaitu Kota Baubau yang Maju dan Sejahtera serta berbudaya dapat terwujud.

Tinggalkan Balasan