Wilayah Bengkulu di Guncang 92 Kali Gempa Dalam 23 Hari Terakhir

Bengkulu, JurnalSultra.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat wilayah Bengkulu dan sekitarnya diguncang 92 kali gempa dalam waktu 23 hari terakhir. Untuk itu, masyarakat diminta waspada.

Diungkapkan Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang Litman ST bahwa kejadian gempa tersebut tidak seluruhnya bisa dirasakan getarannya oleh masyarakat, sebagaiman yang dirilis di laman mantrasukabum.com pada 23 Oktober lalu.

Menurutnya hal teesebut terjadi karena ada gempa yang getarannya dengan skala kecil, bahkan durasinya tidak terlalu lama.

“Pada tanggal 19 Oktober lalu, Bengkulu terjadi dua kali gempa yang cukup terasa dengan magnitude di atas 5 SR. Selebihnya dengan kekuatan di bawahnya dan tidak terasa, itu terjadi hampir sampai setiap harinya,” ungkapnya seperti dikutip mantrasukabumi.com dari RRI pada Jumat, 23 Oktober 2020.

Litman menegaskan jika gempa tersebut ada yang berasal dari laut, yaitu jalur sunduksi, serta adanya aktifitas sunduksi pertemuan dua lempeng besar Mentawai dan Eurasia.

Selain dari laut, gempa di Bengkulu juga ada yang berasal dari darat, hal itu terjadi lantaran ada patahan besar Sumatera.

Tinggalkan Balasan