Berbekal Pengalaman, KPU Optimis Siap Hadapi Pemilu Serentak 2024

Jakarta, JurnalSultra.com – Ketua KPU Hasyim Asy’ari didampingi Deputi Bidang Dukungan Teknis Setjen KPU Eberta Kawima menghadiri Rapat Terbatas “Persiapan dan Kesiapan Menghadapi Pemilu 2024 bersama Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di Kantor Wantimpres, Selasa (18/10/2022).

Dalam rapat ini Hasyim memaparkan beberapa hal isu strategis terkait pemutakhiran data pemilih, permasalahan pendaftaran dan verifikasi partai politik, pencalonan anggota DPR dan DPRD, penataan daerah pemilihan, dan kampanye pemilu.

Selain memaparkan isu strategis, Hasyim juga memaparkan potensi permasalahan serta strategi pencegahan permasalahan hukum dalam tahapan penyelenggaraan pemilu 2024.

“Pemilu 2019 dan 2024 memiliki kesamaan. Pemilu dan Pemilihan mendatang jadi kompleks,karena diselenggarakan di tahun yang sama, tahun 2024. Modal yang membuat kita optimis adalah pengalaman menyelenggarakan Pemilu Serentak Tahun 2019 dan melaksanakan Pilkada 2020 dalam situasi pandemi Covid-19. Langkah-langkah mitigasi juga sudah disiapkan untuk mencegah masalah-masalah tersebut,” ucap Hasyim

Sedangkan Wiranto menyampaikan, pemilu 2024 perlu perhatian khusus ditengah berbagai isu domestik yang sedang terjadi di Indonesia

“Suka tidak suka, mau tidak mau, pemilu merupakan mata rantai demokrasi kita, maka perlu mendapat perhatian khusus, karena bukan hanya menjadi sorotan domestik, namun sorotan dunia,” ucap Wiranto.

Turut hadir Ketua Wantimpres Wiranto, Anggota Wantimpres Muhammad Mardiono, Putri Kus Wisnu Wardani, H.R. Agung Laksono, Sidarto Danusubroto, dan Soekarwo beserta jajaran sekretariat Wantimpres. (humas kpu ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *