Bulan Layanan Hari Jadi ke-188, Dinkominfo Temanggung Fasilitasi Internet Gratis

Temanggung, JurnalSultra.com – Dalam rangka Bulan Layanan Hari Jadi ke-188 Kabupaten Temanggung, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) setempat mengadakan layanan akses internet gratis melalui fasilitas Mobile Community Access Point (MCAP), di area-area publik. Selain itu, sosialisasi Incakap (Internet Cerdas, Aktif, Kreatif dan Produktif) di empat SMP di Kabupaten Temanggung, pada 14-27 November 2022.

Layanan akses internet gratis bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat yang mencari informasi dari internet. Di sela-sela layanan, petugas juga memberikan edukasi mengenai cara mencari informasi melalui internet, situs-situs rujukan yang berisi informasi bermanfaat, serta cara mengunduh atau mengambil materi dari internet.

“Sangat membantu dengan adanya layanan ini, saya dapat mencari informasi mengenai jadwal kegiatan hari jadi Temanggung, untuk keperluan rencana saya berjualan,” ungkap Slamet (47), seorang pedagang mainan yang memanfaatkan fasilitas MCAP di Taman Bambu Runcing Parakan, Rabu (16/11/2022).

Adapun sosialisasi Incakap bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang tata cara berinternet sehat dan aman, sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat kepada generasi milenial, khususnya para siswa-siswi SMP.

“Harapannya setelah mendapatkan materi sosialisasi, adik-adik dapat menerapkannya saat beraktivitas di dunia maya dan terhindar dari efek negatif teknologi, khususnya internet dan media sosial,” kata Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Dinkominfo Temanggung, M Yusuf, saat membuka sosialisasi Incakap di SMP Negeri 1 Bulu, Kamis (17/11/2022).

Pranata Humas Ahli Muda Dinkominfo, Eko Kus Prasetyo, selaku narasumber, menekankan agar berhati-hati dalam beraktivitas di media sosial, serta meningkatkan literasi digital dalam upaya menanggulangi informasi yang bersifat hoak.

“Posting yang penting, jangan yang penting posting. Jangan membagikan informasi yang sifatnya privasi atau rahasia. Juga sebisa mungkin gunakan media sosial untuk hal-hal yang positif. You are is what you share. Profil yang kita bangun, tergantung dengan apa yang kita bagikan di media sosial. Teliti dan analisis informasi yang kita dapat, jangan terlalu mudah percaya dengan informasi yang berseliweran, cek faktanya dan sumbernya,” jelas Eko Kus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *