Ketua DPRD Kolaka Hadiri Buka Puasa Bersama PT Ceria

Kolaka, JurnalSultra.com – Wakil Ketua DPRD Kolaka, I Ketut Arjana menghadiri buka puasa bersama manajemen dan karyawan PT Ceria Nugraha Indotama PT CNi di Aula Hotel Sutan Raja Kolaka, Selasa (2/4/2024).

Acara buka bersama tersebut turut dihadiri oleh Pj Bupati Kolaka Andi Makkawaru. Ia mengucapkan permohonan maaf kepada PT Ceria jika Pemda dalam mengawal keberadaan perusahaan tersebut masih memiliki kekurangan, serta berjanji akan memperbaiki kekurangan itu ke depan.

Sementara itu, Deputi Presiden Direktur PT Ceria Nugraha Indotama Djen Rizal mengungkapkan, PT Ceria sebagai PMDN di bidang pertambangan Nickel, sedang berusaha secara maksimal melakukan kegiatan pertambangan yang memberikan nilai tambah lebih dengan melakukan proses Hilirisasi yaitu membangun Smelter Nickel melalui dua proses, yaitu pyrometalurgy dan Hydrometalurgy, dimana produk akhirnya berupa bahan baku battery untuk EV yang memiliki nilai tambah berpuluh kali lipat dari hanya sekedar menambang Nickel.

Menurut Djen Rizal, PT Ceria telah menjalankan tata kelola penambangan yang baik khususnya aspek Lingkungan. Dalam 5 tahun terakhir Ceria mendapatkan status Proper Biru dari Kementerian KLHK, 

Ceria juga menjalankan program Jamrek dan Reklamasi pasca tambang  yang diawasi langsung oleh pemerintah. Juga pelaksanaan PPM & CSR yang menjadi komitmen dan kewajiban utama perusahaan kepada masyarakat.

“Tak kalah pentingnya, terkait  pemanfaatan lahan yang telah kami kelola sesuai aturan yang berlaku. Semua merupakan bagian bisnis proses Ceria  dalam pemenuhan penyusunan ESG atau Sustainability Report,” katanya.

Terkait pembangunan smelter, Djen Rizal mengungkapkan bahwa mereka melibatkan BUMN dari sisi penyediaan tenaga listrik , Main Kontraktor hingga Pengawas Proyeknya, tentunya berdampak kepada penyerapan tenaga kerja lokal dalam kegiatan pembangunan smelter ini.

“Terkait penyerapan tenaga kerja lokal, untuk keperluan OR, Ceria terus menerus aktif melakukan rekruitmen karyawan lokal untuk di didik dan training menjadi operator smelter dan karyawan smelter. Update per Feb 2024 , Ceria sudah menyerap sebanyak 2.793 orang tenaga kerja lokal dari ring 1,2,3 dan ini ekuivalen dengan 68% dari total tenaga kerja  yang bekerja di Ceria,” ungkapnya.

Tak lupa Djen Rizal juga menyampaikan progres pembangunan smelter merah putih yang terus ditingkatkan dan berkelanjutan. Diharapkan pembangunan smelter selesai dan diresmikan di kuartal III tahun 2024.

“Semoga ikhtiar Ceria membangun dan menghadirkan Smelter Merah Putih di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka bisa dirasakan manfaatnya untuk kemaslahatan kita semua, khususnya buat masyarakat sekitar tambang,” harap Djen Rizal.

Pada acara buka puasa bersama, PT Ceria memberikan santunan pada sejumlah santri Pesantren, serta memberikan kuis bagi santri yang dipandu oleh Kiki dan Ustadz Sudarmansyah, dengan sejumlah hadia menarik seperti Kulkas, mensin cuci dan hadiah lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *