Kota Kendari Miliki 33 Kampung Keluarga Berkualitas

Kendari, JurnalSultra.com – Pj Wali Kota Kendari melaunching kampung keluarga berkualitas dan dapur sehat atasi stunting tingkat kecamatan tahun 2022 di Kelurahan Lalodati, Selasa (29/11/2022).
 
Dalam rangkaian launching kampung keluarga berkualitas dan dapur sehat atasi atunting tingkat kecamatan Pj Wali Kota Kendari juga menyerahkan sembako kepada warga Kelurahan Lalodati.
 
Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menjelaskan, kampung keluarga berkualitas merupakan salah satu agenda prioritas pembangunan nasional yang tertuang dalam nawa cita pemerintah pusat.
 
“Yang dimaksudkan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dari sisi kewilayahan dan pembinaan karakter keluarga. Dimana kampung keluarga kualitas ini dilaksanakan di satuan wilayah setingkat RT atau RW,” jelasnya.

Dia juga menuturkan, point utama dari keluarga berkualitas ini adalah integrasi atau keterpaduan program pemerintah keluarga berencana dan pembangunan keluarga sendiri.
 
“Jadi kampung berkualitas ini tegak dan terperpadu antar sektor-sektor terkait dalam upaya mewujudkan yang berkualitas dimana program ini adalah untuk melaksanakan fungsi-fungsi keluarga,” tambahnya.
 
Sementara Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Jahuddin dalam sambutannya mengungkapkan, kampung berkualitas di Kota Kendari hari ini berjumlah 33 termasuk di Kelurahan Lalodati.
 
“Dimana kampung berkualitas ini sebelumnya namanya adalah kampung KB yang dilaunching oleh bapak Presiden RI Jokowi pada tanggal 12 Januari 2016 secara nasional,” katanya.

Dia juga menuturkan, tujuan kampung berkualitas ini adalah untuk menggaungkan kembali program BKKBN.
 
“Dimana setelah perubahan sistem pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi, program BKKBN itu seolah-olah redup, setelah itu diaktifkan karena penguatan sumber daya manusia pengelola program di lapangan sangat lemah,” tambahnya.

Dalam kegiatan launching ini dihadiri Asiten III Setda Kota Kendari, Kadis Kesehatan, Kadis PUPR, Sekretaris Bappeda dan Kadis Kominfo Kota Kendari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *