Pembayaran BPHTB Lebih Mudah Melalui Virtual Account Bank Sultra

Kendari, JurnalSultra.com Pemerintah Kota Kendari, melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), menggelar rapat dengan Bank Sultra untuk mempercepat implementasi Electronic BPHTB (E-BPHTB) melalui sistem virtual account. Rapat berlangsung di kantor Bapenda Kota Kendari, Kamis (27/6/2024).

Sebagai salah satu inovasi terbaru, integrasi pembayaran E-BPHTB via virtual account oleh Bank Sultra diharapkan dapat memperluas aksesibilitas pembayaran digital. Dengan demikian, proses pembayaran pajak BPHTB tidak lagi terbatas pada transaksi di kantor-kantor pembayaran, tetapi dapat dilakukan melalui berbagai kanal digital seperti mobile banking dan ATM. Hal ini sejalan dengan visi Bank Indonesia dalam memperluas ekosistem digital di sektor keuangan.

Implementasi ini tidak hanya mempermudah masyarakat dalam proses pembayaran, tetapi juga meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam pengelolaan administrasi pajak di tingkat daerah. Dengan adanya sistem virtual account, setiap pembayaran dapat dilacak secara real-time, mengurangi kemungkinan kesalahan atau keterlambatan dalam pencatatan pembayaran.

Selain manfaat bagi masyarakat umum, integrasi E-BPHTB via virtual account yang menggunakan standar BI-SNAP juga memberikan keuntungan bagi Bank Sultra.

Kemudian masyarakat dapat melakukan pembayaran melalui :

  • Teller di Seluruh Kantor Operasional Bank Sultra
  • Seluruh ATM Bank Sultra (dengan metode transfer ke Bank Sultra)
  • Mobile Banking Bank Sultra (dengan metode transfer ke Bank Sultra) serta
  • ATM dan Mobile Banking dari Bank Lain dengan metode transfer antar Bank (Bank tujuan yang dipilih adalah Bank Sultra)
    dimana nomor rekening tujuan transfer adalah nomor akun virtual yang sebelumnya harus dibuat pada website ebphtb.kendarikota.go.id.

Tinggalkan Balasan