Sebanyak 2.300 Warga Kolut Telah Integrasikan KTP Elektroniknya

Kolut, JurnalSultra.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Direktorat Jenderal (Dirjen) Pencatatan Sipil dan Kependudukan telah meluncurkan inovasi Kartu Tanda Penduduk (KTP) secara digital. Setelah diluncurkan beberapa waktu lalu, sebanyak 2.300 masyarakat Kolaka Utara telah mengintegrasikan KTP Elektronik mereka menjadi KTP Digital.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kolaka Utara, Drs Buhari, menjelaskan bahwa awal peluncuran program KTP Digital hanya diikuti oleh 93 orang yang mendaftarkan diri mereka. Namun, berkat program Layanan Jemput Bola (Lajebola) yang dilakukan di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), jumlah peserta yang mengintegrasikan KTP mereka menjadi KTP Digital telah mencapai 2.300 orang.

“KTP Digital merupakan inovasi yang memungkinkan masyarakat untuk memiliki identitas yang terintegrasi secara elektronik, sehingga memudahkan dalam berbagai transaksi dan layanan publik. Dalam proses pengintegrasian, masyarakat Kolaka Utara bisa datang mengunjungi OPD Dukcapil Kolaka Utara dengan membawa KTP Elektroniknya, “Katanya.

Buhari menekankan bahwa KTP Digital merupakan langkah maju dalam penyederhanaan administrasi kependudukan. Dengan KTP Digital, masyarakat dapat dengan mudah mengakses layanan publik, melakukan transaksi online, dan memperoleh berbagai fasilitas yang disediakan oleh pemerintah. Selain itu, KTP Digital juga memiliki fitur keamanan yang lebih baik, seperti tanda tangan digital, untuk melindungi data identitas masyarakat.

“Insya Allah program Lajebola ini akan kami lakukan di Kecamatan sebagai upaya untuk terus memperluas program KTP Digital ke wilayah lain di Kolaka Utara. Upaya ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan dan meningkatkan efisiensi pelayanan publik, “Tuturnya.

Dengan semakin banyaknya warga Kolaka Utara yang mengintegrasikan KTP mereka menjadi KTP Digital, diharapkan bahwa penggunaan teknologi digital dalam administrasi kependudukan akan semakin berkembang di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *