Kisah Mitra Binaan PT Antam UBPN Kolaka Menjadi Pedagang Sukses

Kolaka, JurnalSultra.com – Makmur Wahid, salah seorang pedagang sparepart kendaraan roda empat di kelurahan Anaiwoi, tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya ketika tim monitoring Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) ANTAM UBPN Kolaka menyambanginya pada hari Rabu (14/6/2023).

Pria paruh baya ini selalu menyunggingkan senyum saat menerima kunjungan tim PKBL ANTAM di rumah tokonya (ruko), di jalan poros Bombana – Kolaka, di kelurahan Anaiwoi, kecamatan Tanggetada, Kabupaten Kolaka.

Makmur Wahid memulai usahanya sebagai penjual sparepart mobil sejak tahun 2013 lalu di sebuah kios kontrakan, di bilangan pasar Anaiwoi, Tanggetada. Saat itu, dia baru saja menikah. Belum memiliki modal yang kuat untuk menjadi seorang pengusaha perdagangan peralatan kendaraan roda empat.

Hanya bermodalkan jaringan pertemanan, dia akhirnya bisa meyakinkan pemilik toko-toko sparepart mobil di Kolaka untuk menitipkan barang dagangan mereka di toko milik Makmur Wahid.

“Saat itu sempat ada juga modal yang supaya keluarkan, tapi tidak banyak. Hanya andalkan pertemanan saja, sehingga banyak orang titipkan barangnya di tokoku,” ujar Makmur.

Berjalan tiga bulan, Makmur mulai melirik usaha jual beli telepon seluler dan aksesorisnya. Menurutnya, usaha tersebut sangat menggiurkan untuk digeluti saat itu. Terlebih lagi, kran pasar telepon merek China terbuka dengan bebas, serta harganya yang relatif terjangkau bagi masyarakat.

Dia menjelaskan, jual beli handphone (telepon seluler) dan aksesorisnya memang menjadi usaha yang menjanjikan di tahun 2013 lalu. Karena pelaku usaha tersebut masih sangat jarang dijumpai di daerah Tanggetada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *