Staf Ahli ESDM Rekomendasikan Metode Pertambangan PT Vale Indonesia untuk Dicontoh

Sorowako, JurnalSultra.com – Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam, Sampe L. Purba menyebut PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) patut menjadi contoh dalam menjalankan praktik kaidah pertambangan yang baik untuk seluruh perusahaan tambang di Indonesia. Hal itu disampaikan beliau saat melakukan kunjungan kerja pada area operasional PT Vale di  Blok Sorowako pada tanggal 21-23 November 2022.

“Kami melihat PT Vale telah berkomitmen menjalankan kaidah pertambangan yang baik dan hal ini dapat dilihat dari pengelolaan sumber daya alam, air dan hutan yang tetap terjaga selama 54 tahun sejak PT Vale hadir di Bumi Batara Guru. Saya berharap perusahaan lain dapat mencontoh metode pertambangan yang baik ini,” kata Sampe di sela kunjungannya ke PLTA Balambano.

Alumni Doktoral Universitas Pertahanan Konsentrasi Pertahanan Energi ini mengungkapkan, perusahaan yang memanfaatkan sumber daya alam harus mempertimbangkan asas manfaat untuk lingkungan, masyarakat, dan keberlanjutannya.

“PT Vale melakukan hal-hal tersebut dengan baik,” ujarnya.

Dia mengaku senang berkesempatan melihat kemajuan pengelolaan tambang PT Vale di Blok Sorowako. Pertama, pak Sampe mengunjungi fasilitas pengolahan air limpasan tambang di Lamella Gravity Settler (LGS). Fasilitas dengan teknologi terbarukan sehingga kualitas air danau tetap terjaga. Setelah itu rombongan mengunjungi fasilitas persemaian atau nursery.

Mantan Staf Ahli SKK Migas ini juga berkesempatan menanam pohon polonangka.

“Pohon ini kita tahu salah satu yang langka dan tahan akan rayap. Saya berharap PT Vale bisa terus berkembang dan semakin maju kedepannya,” kata Sampe. Selain menanam pohon, beliau juga melihat proses persemaian tanaman endemik lokal, yakni dengen.

Di hari kedua, Sampe dan rombongan menikmati pemandangan Danau Matano di atas raft bersama manajemen, di antaranya COO PT Vale Abu Ashar, Director  Environment & Permit Management PT Vale Muh Adli Lubis, dan Senior Manager Stakeholder Relations Yusri Yunus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *